Disney kembali merilis film animasi baru berjudul Soul. Film yang disutradarai oleh Pete Docter ini berhasil menarik perhatian sebagian penonton karena dianggap sarat refleksi kehidupan. Ada 4 pelajaran dari film Soul yang bisa kita tiru. Apa pun? Simak rangkumannya di bawah ini. Anda bisa menontonnya di Dunia21.

Pelajaran dari Film Jiwa yang Dapat Diadaptasi

Setelah sukses dengan film animasi Up and Inside Out, sutradara Pete Docter merilis film animasi terbarunya yang berjudul Soul. Film ini sudah bisa disaksikan melalui Disney + Hotstar sejak 25 Desember 2020. Banyak orang yang jatuh hati dengan film yang menceritakan kehidupan seorang pria bernama Joe Gardner.

Joe gardner ini meruapakan guru musik yang memiliki impian tampil di panggung megah. Meski sulit, ia pantang menyerah dalam menggapai mimpinya. Hingga suatu ketika, saat mimpi itu tinggal selangkah lagi, dia terjebak dalam tubuh kucing.

Lalu, mengapa film ini begitu sarat dengan refleksi kehidupan? Simak 4 pelajaran hidup dari film Soul yang bisa kita ikuti.

Jangan Pernah Menyerah

Alkisah, Joe yang sangat ingin menjadi musisi jazz hampir mendapat kesempatan untuk tampil di atas panggung. Namun, ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan jiwanya terpisah dari tubuhnya.

Karena Twenty Two tidak ingin dilahirkan, Joe kemudian meminta bantuan agar dirinya yang dulu kembali ke bumi dan mengejar mimpinya menjadi seorang musisi. Inilah pelajaran hidup pertama yang bisa kita tiru. Joe, terlepas dari semua kesulitannya, tetap bersemangat dan tidak pernah menyerah dalam mencapai mimpinya.

Fokus pada Hidup

Hidup tidak selalu berjalan sesuai keinginan kita. Seperti kehidupan Joe yang tiba-tiba berubah saat ia hampir berhasil menggapai mimpinya.

Meminjam tubuh kucing, ia bahkan menyadari satu hal yang belum ia terima selama ini, yakni kebahagiaan menjalani hidup. Dia begitu fokus mengejar mimpinya sehingga dia lupa menikmati hidup.

Film ini seolah memberi pelajaran bagi kita untuk fokus menjalani kehidupan pada saat ini. Memiliki mimpi memang boleh, tapi jangan sampai itu membuat kita merasa terbebani.

Penuh Rasa Syukur

Tidak semua orang memiliki kehidupan yang mudah dan menyenangkan. Film jiwa mengajarkan kita bagaimana menghadapi situasi sulit seperti ketika sesuatu yang kita inginkan tidak tercapai. Jiwa mengajari kita untuk tetap bersyukur dengan hidup apa adanya.

Bukankah hidup bukan hanya tentang mengejar mimpi? Inilah yang coba disampaikan oleh film Soul. Bersyukur atas semua hal yang telah kita jalani selama kita hidup.

Jangan biarkan keinginan atau impian kita membuat kita sedih. Cobalah untuk rileks sedikit dan nikmati hidup apa adanya.

Pencarian Jati Diri

Siapa bilang pencarian jati diri hanya berlaku saat kita masih muda? Film Soul mengajarkan kepada kita bahwa pencarian identitas terkadang bisa bertahan sampai kita dewasa.

Sama seperti joe yang saat itu baru menyadari bahwa ia tidak memiliki identitas. Saat itu ia memiliki opsesi unutk menjadi pianis sehingga melupakan siapa dirinya. Dia merasa kosong.

Nyatanya, menemukan identitas membantu kita memahami kehidupan. Saat kita berhasil menafsirkan kehidupan dengan lebih bijak, kita akan bisa merasakan kebahagiaan sejati.

Nah, itulah 4 pelajaran dari film Soul yang bisa kita tiru. Meski merupakan film animasi, namun sebagian orang menganggap film ini cukup sulit untuk dicerna oleh anak-anak. Namun, sebenarnya film Soul sangat cocok untuk ditonton orang dewasa karena banyak hikmah yang bisa dipetik tentang kehidupan. Selamat menonton!

Comments are closed.